Rabu, 16 Oktober 2013

TUGAS SOFTSKILL (WISATA KULINER)



Tugas Softskill




 PEMBAHASAN WISATA KULINER (RESTO AYAM LEPAS)
WULAN FATHARANI AZZIAH
27211472

UNIVERSITAS GUNADARMA












PEMBAHASAN WISATA KULINER

Tugas kuliah kali ini yaitu mengenai pembahasan jalan-jalan. Ada berbagai tema pembahasan yaitu mengenai tentang tempat-tempat yang pernah kita kunjungi seperti tempat-tempat wisata,tempat kuliner,ataupun tempat-tempat menjual barang bagus dll. Dari berbagai macam Tema saya memilih tempat kuliner dengan mengujungi Rumah makan yang terkenal dengan kelezatannya. Disini saya mengambil tempat yang pernah saya kunjungi yaitu “RESTO AYAM LEPAS”.



 Ø  Nama Rumah Makan      :

RESTO AYAM LEPAS









Walau Ayam Lepaas adalah produk franchise populer dari Aceh, Anda yang tinggal di luar negeri Serambi Mekah ini tetap bisa menikmati kelezatannya. Nama ‘ayam lepaas’ yang terdengar sangat pop ini seolah menjadi ‘penyegaran’ kuliner baru. Apalagi racikannya mengadaptasi teknik masak ala ayam goreng fast food yang memang populer. Berlumur tepung berbumbu, kemudian digoreng dalam minyak banyak di atas api besar hingga ayam kering dan matang.
Yang membuat istimewa adalah keberadaan dua jenis sambalnya. 3 pilhan rasa dari sambalnya  juga patut menjadi bahan pertimbangan bagi para penikmat kuliner sejati , ada sambal lemas, lepas, dan kecap. Kalau dilihat sekilas bentuk dari sambalnya memang hampir  sama pada kebanyakan sambal ayam penyet pada umumnya,  akan tetapi rasa yang berbeda bisa kita dapatkan ketika mulai mencicipi olahan dari sambalnya.
Sambel lemas merupakan singkatan dari lezat dan manis. Sama  seperti  namanya rasa manis dan pedas begitu kental terasa ketika kita mulai mencocol  sambalnya. Kalau pada sambel lemas rasa manisnya yang terpancar maka, pada sambel lepas rasa asem langsung menyengat ketika kita mulai mencobanya.
Ayam gorengnya renyah dan sambalnya superpedas. Terutama sambal rawit hijau yang akan membuat keringat bercucuran saat menyantapnya. Bagi yang tidak kuat pedas, sebaiknya memesan Ayam Lemaas, alias lezat dan manis. Cita rasa sambalnya agak manis dan lebih ‘manusiawi’ bagi orang kebanyakan. 

 Ø Alamat        :
Jalan Kalisari Raya No. 21 Kalisari Jakarta-Timur

 Ø Telp: (021) 9301 7324. 

 Ø Harga*): Rp1.000 – Rp24.000 (sudah termasuk PB1). 


 Ø Jam buka: Senin – Kamis, Pukul 09.00 – 22.30 WIB, Jumat – Minggu, Pukul 09.00 – 23.30 WIB.


 Ø Suasana: Dapur terbuka gugah selera.

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek sebelum bersantap.
                        






Nama ayam lepas sendiri diambil berdasarkan rasa dari ayamnya yaitu lezat dan pedas. Di rumah makan ini ada berbagai macam olahan makanan yang ditawarkan, mulai dari ayam goreng, bebek, lele, burung puyuh dilengkapi dengan sambel.

Namun dari kesemuanya itu  ayam lepas merupakan menu khas yang digemari pengunjung, karena dagingnya yang begitu lembut  juga ditambah keharuman dari  aroma daging yang diolah dengan bumbu rahasia.

Tempat makan yang baru saya kunjungi ini namanya resto ayam Lepas, tempatnya sih gak terlalu besar tapi didalam ruangan itu sangat adem, nyaman karena udara yang masuk pada siang itu, lantainya dan ruangannya cukup bersih.

Penasaran dengan menu utama, saya pun memesan paket menu ayam goreng spesial. Tanpa menunggu terlalu lama, pesanan pun segera hadir. Disajikan di atas piring berwarna berwarna putih, terlihat cantik & menggoda selera . Terlihat sepotong ayam goreng berwarna coklat kemerahan berbalut tepung tipis yg mengingatkan saya akan sajian ayam kremes, cm tepung kremesnya dipisahkan. Di tengah terdapat setangkup nasi putih yg dikelilingi lalapan & sambal uleg yang terbuat dari cabe rawit, cabe merah, bawah putih & merah serta terasi. Begitu kulit ayam goreng dikelupas, terlihat daging ayam berwarna putih mulus, segar dengan aromanya yang wangi. Asyiknya, begitu potongan daging didorong ke mulut & dikunyah, terasa sekali kelembutannya, gak kalah dengan gorengan ayam produk impor.

Untuk ayam lepasnya sendiri sangat empuk dan dagingnya mudah lepas dan ada juga sedikit crispy nya dengan bumbu yang menyerap sampai keseratnya rasa nasi putihnya juga empuk dan wanginya enak.


Bagi saya untuk pelayanannya cukup memuaskan, ramah dan cekatan begitu pun untuk harganya sangat terjangkau.







Ayamnya guede, ngenyangin 

Tapi menurut saya rasa ayam gorengnya enak. Dibalut tipis dengan tepung berbumbu yang gurih, daging ayamnya juga tebal dan berukuran cukup besar. Sambalnya pun pedas! Itu sebabnya disebut “ayam lepas” alias “ayam lezat pedas”. Dengan harga paket Rp 18 ribu saja kita sudah mendapat seporsi nasi plus ayam goreng beserta lalapan. Harga tumis-tumisnya pun cuma Rp 10 ribu per porsi dan rasanya pun cukup oke. Selain ayam lepas, ada pula paket “ayam lemas” alias “lezat manis”, tapi yang rada nggak enak didengar sih menu “burung lepaas” alias “burung lezat manis”…hehehe! 















Ini dia paket ayam lepas plus tumis kangkungnya 

Selain itu rumah makan ini juga luas. Tempat makannya bisa dipilih, mau di meja atau di area lesehan. Tempat parkir luas dan ada mushola yang bersih juga. Saya sendiri sudah berkali-kali makan di sini bersama teman-teman . Pertama datang memang masih agak sepi, karena baru buka. Tapi tidak lama kemudian, tempat ini sudah mulai ramai karena mungkin orang-orang sudah mulai kenal dengan tempat ini, walau andalannya cuma ayam goreng gurih dan sambal yang pedas.

Kalau tak salah, restoran asal Aceh ini sudah punya puluhan gerai yang tersebar di beberapa kota seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor, Malang, Surabaya, Medan, Palembang, dan Banda Aceh. Konon, Ayam Lepas tahun ini juga akan membuka 50 gerai lagi di Jabodetabek, Bandung, dan Yogyakarta.

Area lesehan.
Sebenarnya kalau rumah makan ini punya andalan lain, bebek atau iga bakar misalnya, mungkin akan lebih asyik lagi. Tapi tak ada salahnya mencoba makan di tempat ini. Cocok kok buat makan beramai-ramai dengan teman-teman atau keluarga.


Ø Menu Utama        :

 Rp18.000

 

o   




 Rp 24.000

 

o    






 Rp 14.000

 

o    






 Rp 8000

 

·       



 Rp 10.000

 

o    






 Rp 12.000

 

 

 

 

 

 Rp 13.000

·        



           ·         SAMBAL

o    Sambal Lepaas

Rasakan pedasnya sambel cabe ijo ayam lepaas. Nikmati cabe ijo ayam lepaas, pikiran jadi lepaas

Yang ngebedain ayam antara Ayam Lepaas dan Ayam Lemaas itu rasa cabenya. Ayam Lemaas cabenya pedes manis, sedangkan si Ayam Lepaas cabenya pedes banget! Tapi tenang aja, pedesnya gak kebangetan kok, pas banget di lidah malah. Makanya harus dicoba, supaya tau bedanya

 

o    Sambal Lemaas

Rasakan manis pedas sambel ayam lemaas, cabenya merah dan manis. Semua yang membuat lemaas, hilang seketika.

 

·         MINUMAN

o    Tamarin (Asam Jawa)

Tamarin/Asam Jawa berkhasiat untuk memudahkan buang air besar dan melancarkan peredaran darah. Daunnya yang mengandung flavonoid bersifat antiradang dan menghilangkan rasa sakit. Buahnya termasuk dalam daftar obat tradisional yang sudah dilegalkan.













                                   


  Ø Wawancara terhadap pengunjung     :
Selain saya yang datang berkunjung ke tempat ini. Saya mewawancarai beberapa pengunjung untuk mengomentari bagaiamana rasa yang disajikan. Dan berikut beberapa pertanyaan yang saya lontarkan kepada beberapa pengunjung yang datang       :
ü Bagaimana menurut pendapat anda tentang Resto ini?
ü Bagaimana tempat dan Suasananya?
ü Bagaimana dengan makanan yang tersedia disini?
ü Dan bagaimana menurut anda tentang pelayanan yang ada disini?

Berikut komentar avau jawaban dari beberapa pengunjung yang ada disana         :
Komentar Ibu Safitri               :
ü Menurut saya Resto ini lumayan strategis untuk daerah ibu kota. Tempatnya cukup luas dan parkiran yang cukup luas pula.
ü Suasananya disini cukup bersih dan nyaman
ü Disini saya memesan paket ayam lepasnya terdiri dari ayam goreng bagian dada (bisa di ganti dengan paha), nasi putih, lalapan seperti selada, timun, kol, tahu dan terong goreng, untuk ukuran ayamnya cukup besar dengan tekstur yang crispy di bagian kulit luarnya dan sngat empuk di dalamy dan dagingny juga mudah di lepas dari tulangnya, untuk rasanya juga enak dengan rasa bumbu-bumbu yang meresap ke dalam daging ayamnya, dan untuk nasinya juga pulen dan cukup wangi.
ü Pelayanannya cukup memuaskan, kerjanya cepat dan sigap, serta cukup sopan dan ramah kepada setiap pengunjung yang dating.

Komentar Mbak tari      :
ü Walau menunya cuma sedikit , tapi jangan ditanya ya ramainya di setiap cabang ayam lepas yang ada di Indonesia . Nah salah satu cabang Ayam lepas ini ada yang buka di dekat kantor  saya.
ü Tempatnya sendiri cukup luas . Walau kadang tidak dapat menampung semua pelanggan diwaktu weekend . Tempat duduknya standar ya , meja dengan beberapa kursi . Yah layaknya restoran kaki lima lainnya. Jika istirahat siang, openricers harus cepat-cepat ya , kalau tidak pasti tidak akan ada kursi tersisa alias penuh ! karena banyak perkerja kantoran disini yang menikmati santap siang . karena keadaan cukup penuh , saya pun men-take away saja menu yang saya pesan.
ü Untuk kebersihannya ya openricers saya nilai cukup alias 6 dari 10.Dapurnya sendiri cukup bersih ya openricers, walau keadaan di sekeliling restoran terbuka , alias memang dibiarkan terbuka , tapi menurut saya keadaan nya cukup bersih , tapi dibilang bersih sekali juga tidak bisa , Standar lah , yang penting tidak membuat saya kehilangan nafsu makan bukan? Pelayannya juga selalu memakai sarung tangan plastik . higienis !
ü Karena saat itu adalah istirahat siang , yah saya ga mungkin rakus-rakus banget kan pesannya,akhirnya 1 paket ayam lepas dan cah tauge .
ü Buat pelayanan sih standar , cuman minusnya ga ada senyumnya sama sekali . Saya tau mereka memang sibuk tapi seenggaknya senyum dong  tapi sebenernya ramah sih , jadi saya tidak terlalu banyak komplain tentang pelayanan dari resto satu ini . Untuk take away sendiri lumayan cepat , karena mereka sudah menggorengnya duluan . Jadi tinggal si pelayannya saja ,kerjanya cepat atau lambat.





REFERENSI

0 komentar:

Posting Komentar